Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Mahasiswa Universitas Palangka Raya Raih Medali Perak di Kompetisi Internasional

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 13 Oktober 2019 - 22:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Empat mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Palangka Raya, menoreh prestasi gemilang dilevel internasional. 

Terlibat dalam event World Invention Technology Expo (Wintex) yang diikuti 100 inovator dari 16 negara, mahasiswa asal Kalteng yang terdiri dari Elda Alyatikah, Siswo, Riaa Safitri, dan Anisa Puspa Putri, berhasil memboyong perak.

Di bawah bimbingan dosen jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya, Rendy Muhamad Iqbal, keempat mahasiswa membawa prototype dan sejumlah sampel tentang pengolahan limbah pewarnaan jeans. Dengan judul Modification of TiO2 with N doping and Zeolite NaY for Methylene Blue Degradation: Microstructure, Photocatalytic Activity and Kinetic Study.

"Kami persiapannya hanya beberapa bulan saja dan berani bersaing dengan sejumlah peserta dari kampus ternama ditanah air dan beberapa negara besar di dunia," ujar Rendy, Minggu 13 Oktober 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Indonesian Invention dan Innovation Promotion tersebut dilaksanakan di Jakarta sejak tanggal 9 sampai 12 Oktober 2019.

Meski terdapat empat mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut, hanya dua mahasiswa yang menjadi delegasi. Keduanya yakni Elda Alyatikah dan Siswo. 

" Setiap tim mendapatkan satu buah booth dengan nomor urut tertentu untuk memamerkan hasil temuannya, yang mana tim dari Universitas Palangka Raya mendapatkan nomor booth 59," ujarnya. 

Lanjutnya,  proses judging atau penjurian yang dilakukan oleh 2 juri untuk masing-masing tim dalam waktu 5-10 menit. Tim dari Universitas Palangka Raya diuji oleh juri bernama Khuntong Klaythong (Director of Princess Chulabhorn Science High School Pathumthani) yang berasal dari Thailand dan Herru Juwono (Creative Development Consultant) yang berasal dari Indonesia. 

Proses penjurian dilakukan dengan teknik tanya jawab yang mempertimbangkan empat poin utama yakni nilai inovatif dan originalitas, pemasaran, estetika dan hak paten.

"Pada acara puncak ini, tim Universitas Palangka Raya berhasil menyabet medali perak untuk kategori World Invention Technology Expo," jelas Rendy. 

Diakhir perbincangan, Rendy mengatakan prestasi yang diperoleh tidak lepas dari doa dan dukungan semua pihak serta bantuan finansial dari bagian Kemahasiswaan UPR, PT Asmin Bara Bronang dan PT PAMA. Dengan pencapaian ini, diharapkan mampu mengharumkan nama Universitas Palangka Raya dan Kalimantan Tengah di kancah internasional. (ARNOL) 

Berita Terbaru