Gubernur Kalteng Harapkan Gebyar Pesta Siaga Kwartir Daerah Hasilkan Pramuka Disiplin, Jujur, dan Setia

  • Oleh Budi Yulianto
  • 13 Oktober 2019 - 23:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran berharap, Gebyar Pesta Siaga Kwartir Daerah Gerakan Pramuka dapat menghasilkan pramuka siaga yang disiplin, jujur, dan setia kawan.

Selain itu, diharapkan mampu menghasilkan sikap sederhana, cerdas, penuh semangat, mengamalkan dwi satya dan dwi darma.

"Kemudian saya mengharapkan rangkaian lomba yang dilaksanakan dapat melatih pramuka siaga untuk menambah wawasan dan pengalaman, serta bekal keterampilan dalam hal seni budaya, ketangkasan dan kekompakan yang memuat nilai kemandirian, kerjasama, nasionalisme, tolong-menolong dan keberanian," ujar Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Minggu, 13 Oktober 2019.

Gubernur menyampaikan bahwa perkembangan gerakan pramuka sudah sangat maju. Ia pun mengajak untuk menjaga keberadaan satuan-satuan terdepan gerakan pramuka.

Yaitu gugus depan (gudep) untuk dibina dan dikembangkan dalam upaya merangkul kaum muda Indonesia khususnya Kalteng, agar mempunyai watak dan kepribadian luhur serta memiliki jiwa bela negara yang andal.

Gerakan pramuka juga disebut mempunyai tugas pokok dalam menjalankan pendidikan bagi kaum muda baik di lingkungan keluarga maupun sekolah.

Tujuannya adalah membentuk kader bangsa sekaligus kader pembangunan yang beriman, bertaqwa, berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebetulnya, tambah Gubernur, gerakan pramuka mengemban tugas yang cukup berat. Sebab, harus mampu untuk bagaimana mengarahkan dan mengantarkan kaum muda Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Maknanya adalah pembinaan kaum muda Indonesia harus dilakukan secara berkesinambungan sehingga hari ini lebih baik dari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini dan seterusnya," tuturnya. 

Gebyar Pesta Siaga Kwartir Daerah ditandai dengan penabuhan gong berikut pelepasan balon dipimpin Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran. 

Berita Terbaru