Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam  Faktor Utama Mengembangkan Potensi Lokal

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Oktober 2019 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam menjadi faktor utama dalam mengembangkan potensi lokal untuk membangun daerah.

"SDM dan SDA merupakan faktor utama dan strategis bagi tercapainya keberhasilan pembangunan suatu daerah," ucap Kepala Dinas Kepemudaan, Oklahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara, Ahmad Zunani, Senin, 14 Oktober 2019.

Menurut Zunani, membangunan SDM yang kuat dan berdaya saing tinggi dalam berbagai bidang akan mendukung peningkatan percepatan pembangunan yang ada di daerah, salah satunya dibidang pariwisata.

"Pembangunan sumber daya manusia harus ditekankan penguasaan kompetensi yang terfokus pada bidang tertentu, sehingga kedepannya mampu meningkatkan daya saing," ujarnya.

"Begitu pula dengan kekayaan sumber alam yang melimpah ruah akan menjadikan kemandirian serta kesejahteraan daerah, apalagi keindahan alam yang sudah kita miliki ini dikelola dengan SDM yang mendukung maka akan sangat berpotensi," tutur Zunani.

Zunani menambahkan, pelatihan manajemen homestay adalah upaya dalam meningkatkan kemampuan atau skill masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Komdarwis) dalam memajukan pariwisata di Bumi Gawi Barinjam. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru