Kratom Jenis Tanaman Berbahaya Bagi Kesehatan

  • Oleh Agus Priyono
  • 14 Oktober 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kratom merupakan tanaman berbahaya yang dapat merusak atau berbahaya bagi kesehatan. Terutama bagi yang mengonsumsinya dengan cara apapun.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Suyuti Syamsul, Senin, 14 Oktober 2019, mengatakan, hasil penelitian dari berbagai jurnal ilmiah disebutkan kratom merupakan tanaman yang bersifat adiktif jika dikonsumsi.

Dia menambahkan jika, selain bersifat adiktif hingga menyebabkan kecanduan, Kratom juga dapat merusak saraf manusia terutama otak. Hingga merusak kehidupan sosial bagi penggunanya.

"Ini sangat berbahaya. Ada beberapa jurnal penelitian menyebutkan jika itu menyebabkan ketergantungan yang juga merusak saraf," ujar Suyuti, Senin, 14 Oktober 2019.

Suyuti juga mengatakan, jika dibanding narkotika seperti ganja ataupun jenis lain yang bukan tanaman, kratom memiliki efek yang lebih berbahaya.

"Dari penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, disebutkan kalau kratom ini lebih berbahaya dibanding narkotika yang sudah ada," pungkasnya. (AGUS/B-11)

Berita Terbaru