Pemkab Kotim Harus Fokus Berdayakan Peternak Lokal

  • Oleh Naco
  • 14 Oktober 2019 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Khozaini mendorong agar pemerintah kabupaten fokus untuk memberdayakan peternak lokal. Terutama untuk tahun 2020 mendatang.

Menurut politisi Hanura ini, menjadi peternak sapi dan ayam sangat menjanjikan. Sebab, sangat berpotensi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Apalagi saat ini, ayam potong mengandalkan pasokan dari Banjarmasin. Pengembangan peternak ayam potong lokal ini terkendala pakan ternak. Peternak juga kadang mengeluhkan pasokan pakan yang begitu terbatas, sehingga mengancam kualitas ternaknya.

“Dari itu saya mendorong agar pemberdayaan peternak lokal dilakukan dengan maksimal. Sehingga mampu menyelesaikan persoalan daerah, yakni masih ketergantungan dengan pasokan dari luar daerah," kata Khozaini, Senin, 14 Oktober 2019.

Dia mengatakan, jika mengacu kepada kondisi geografis dan iklim, Kotim tidak jauh berbeda dari daerah yang selama ini dijadikan andalan untuk memasok daging sapi dan ternak lainnya.

”Seperti halnya dari Pangkalan Bun, di sana jadi langganan untuk memasok ke Kotim. Nah mengapa Kotim tidak bisa, ini yang harus kita fokuskan ke depannya," tegasnya.

Khozaini mendorong dan mendukung agar pemerintah juga bisa mengundang investor peternak dari kuar. Dengan begitu mereka juga bisa menggandeng peternak lokal. (NACO/B-11)

Berita Terbaru