Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jokowi - Zulkifli Hasan Bahas Amandemen UUD 45

  • Oleh Inilah.com
  • 15 Oktober 2019 - 06:30 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengaku sempat berbincang terkait rencana amandemen UUD Republik Indonesia Tahun 1945 saat bertemu Wakil Ketua MPR dari Fraksi PAN Zulkifli Hasan di Istana Negara, Senin, 14 Oktober 2019.

"Saya tadi bertanya mengenai amandemen ke beliau. Beliau kan mantan ketua MPR, sehingga yang sudah dipersiapkan, kajian seperti apa, kira-kira seperti apa," katanya.

Jokowi juga mengaku membahas tantangan yang akan dihadapi Indonesia di masa akan datang bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Terutama kondisi ekonomi dan politik nasional maupun global.

"Hal-hal seperti itu perlu dibicarakan dengan ketua umum, sehingga kita memiliki visi yang sama, bagaimana menghadapi, kita tau apa yang harus kita kerjakan," jelas Jokowi.

Sementara, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari Fraksi PAN Zulkifli Hasan membenarkan Presiden Joko Widodo sempat bertanya soal rencana amandemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 saat bertemunya di Istana.

Ia pun memaparkan bahwa amandemen UUD tidak akan mengubah sistem pemilihan presiden alias terbatas.

"Itu cuma terbatas, amandemen yang sangat terbatas," katanya.

Ia menegaskan, rencana amandemen UUD 45 bersifat filosofis.

"Sifatnya itu filosofis, ideologis yang menggambarkan visi Indonesia sampai nanti kayak apa bukan teknis," jelasnya. (INILAH.COM/B-11)

Berita Terbaru