Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Seruyan Bagian Hulu Pilih Belanja Kebutuhan Pokok ke Kalbar

  • Oleh Magang 2
  • 15 Oktober 2019 - 10:12 WIB

BORNEONEWS,Kuala Pembuang - Saat ini sebagian warga yang tinggal di daerah pedalaman, khususnya bagian hulu Kabupaten Seruyan memilih berbelanja kebutuhan pokok di Kabupaten Kalimantan Barat (Kalbar).

Hal ini karena sulitnya akses jalan penghubung antara desa menuju kecamatan di wilayah Kabupaten Seruyan.

Warga pedalaman di Kecamatan Seruyan Hulu dan Kecamatan Suling Tambun memilih berbelanja di Nanga Pinuh, Kabupaten Malawi, Kalimantan Barat karena aksesnya lebih dekat dibanding jika harus berbelanja di wilayah Seruyan.

Menurut Anitita, Anggota DPRD Seruyan daerah pemilihan III, warga memilih belanja ke Nanga Pinuh karena jarak tempuh melalui jalan darat cukup dekat yakni hanya 3 jam perjalanan melalui jalan milik perusahaan hak pengusahaan hutan (HPH) PT Erna Djuliawati.

"Jalan ke Nanga Pinuh melalui wilayah perusahaan lebih mudah diakses warga, sehingga warga di sana sudah lama tergantung dengan provinsi tetangga untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari,” ungkapnya, Selasa 15 Oktober 2019.

Politisi Partai Golkar yang juga warga asli Kecamatan Seruyan Hulu ini menuturkan harga barang di Kabupaten Malawi, Kalbar tidak jauh berbeda dengan di Pangkalan Bun atau Kotawaringin Timur (Kotim).

Ia menyebut sebenarnya warga di daerah hulu lebih senang berbelanja di daerah sendiri, namun karena kondisi infrastruktur yang belum bagus, apalagi jika musim hujan, serta jarak tempuh yang cukup jauh membuat warga lebih memilih belanja di Kalbar lantaran bisa pulang pergi dalam satu hari. (MAGANG 2/B-6)

Berita Terbaru