Dinas Kominfo Kobar Gelas Pelatihan Monitoring Opini dan Aspirasi Publik

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Oktober 2019 - 11:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kobar menggelar Pelatihan Monitoring Opini dan  Aspirasi Publik, Selasa, 15 Oktober 2019. Kegiatan itu bertujuan menambah pengetahuan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Peserta yang mengikuti kegiatan itu mendapat materi dari 2 narasumbe. Yaitu Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Selamatta Sembiring dan Pemimpin Redaksi www.borneonews.co.id Ediya Moralia.

Narasumber perdana, Selamatta menyampaikan, melalui kegiatan ini, ASN Pemkab Kobar mengetahui cara mengelola opini dengan baik.

"Tujuannya adalah bagaimana setiap informasi yang ada dan berkembang  bisa beraspek postitif bagi Pemkab Kobar," jelas Selamatta.

Pasalnya, lanjut Selamatta, masyarakat memiliki hak untuk tahu setiap informasi.

"Maka kita juga  mempunyai kewajiban utuk memberitahukan informasi tersebut pada masyarakat. Lantaran setiap hal yang ada dan disampaikan ke publik bakal membentuk opini publik," jelas Selamatta.

Menurut Selamatta, bila opini dan informasi yang disampaikan pemerintah  pada masyarakat lebih kecil dibandingkan dengan informasi yang berasal dari luar, tentunya informasi yang lebih besar tersebutlah yang berpotensi membentuk opini publik.

"Hal tersebut tentunya dapat membangun opini tersendiri di piblik yang membuat citra negatif bagi pemerintah. Lantaran tugas Diskominfo adalah memberikan pelayanan informasi dari pemerintah bagi masyarakat, sehingga informasi dari pemerintah benar-benar bisa sampai kepada masyarakat yang bisa membangun opini publik," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru