Pemred Borneonews.co.id Berikan Pelatihan Teknis Analisis Opini Publik

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Oktober 2019 - 12:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemimpin Redaksi (Pemred) www.borneonews.co.id Ediya Moralia menjadi salah satu pemateri dalam pelatihan monitoring opini dan aspirasi publik yang diadakan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa 15 Oktober 2019.

"Materi yang disampaikan yaitu metode penelitian dan teknik monitoring aspirasi publik menggunakan tool atau aplikasi khusus yaitu Newstensity," jelasnya.

Ediya mengatakan dengan aplikasi  ini menjangkau ratusan media cetak, elektronik nasional, media online dan media sosial.

"Cara memantaunya dengan menetapkan topik tertentu, menyaringnya dengan fkeywords terkait hal tertentu dan dalam kurun waktu yang bisa ditentukan sendiri," jelasnya.

Sehingga lanjut Ediya, bisa diperoleh sentiment yang berkembang secara luas di ruang publik terkait topik tertentu di media mainstream dan media sosial.

"Jadi dengan mendapatkan data terkait, opini publik bisa dianalisis. Petugas informasi publik bisa melakukan counter dengan memberikan penjelasan pada publik untuk membentuk opini guna menangkal informasi yang dianggap menyesatkan publik," tegasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru