Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Adakan Rakor Dewan Ketahanan Pangan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Oktober 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan, Selasa 15 Oktober 2019.

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas yang menjabat Ketua Dewan Ketahanan Pangan mengatakan Rakor ini merupakan bagian amanat undang-undang untuk mewujudkan ketahanan pangan di kabupaten dan kota.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama, dan pemenuhannya merupakan hak azasi manusia yang dijamin UUD 1945," katanya.

Lanjutnya, dalam UU Nomor 18 Tahun 2008 diamanatkan negara wajib mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, bergizi dan seimbang.

Menurutnya di Bartim ketersediaan beras merupakan indikator ketahanan pangan karena beras merupakan bahan makanan pokok bagi masyarakat.

"Kita telah cukup berhasil membangun ketahanan pangan dengan menambah perluasan areal tanam seperti cetak sawah dan peningkatan produktivitas padi, sehingga Bartim berada di urutan keempat penyedia beras di Kalimantan Tengah," paparnya lagi.

Ampera menjelaskan Bartim meningkatkan ketahanan pangan dengan mengembangkan penyediaan sumber protein dengan mengembangkan budidaya bidang peternakan dan perikanan. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru