Kabut Asap Muncul Lagi di Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Oktober 2019 - 14:02 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kabut asap tipis kembali menyelimuti wilayah Kota Kasongan dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir.

Bahkan Selasa, 15 Oktober 2019, kabut asap ini masih belum menghilang dari langit Kasongan meski dibeberapa tempat sempat turun hujan walau berlangsung singkat.

Munculnya kabut asap di Kasongan ini karena jumlah lahan terbakar di Kasongan dan sekiarnya bertambah.

Misalnya di lahan kosong antara kantor PLN Kasongan dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III khusus narkoba. Kebakaran di tempat ini sudah berlangsung beberapa hari terakhir.

Selain itu kebakaran lahan juga masih terjadi di wilayah Desa Talian Kereng, Jalan Soekarno-Hatta antara Kasongan - Pendahara dan di sepanjang jalan arah Kereng Pangi - Baun Bango.

Masih banyaknya lahan terbakar di wilayah Kecamatan Katingan Hilir ini karena cuaca panas dalam sepekan terakhir terjadi di wilayah Kabupaten Katingan. Akibatnya sejumlah lahan terbakar.

Akibat kebakaran lahan ini kemudian muncul kabut asap di sejumlah wilayah seperti komplek perkantoran Pemkab Katingan termasuk Kantor Bupati Katingan.

Sementara itu tim gabungan pengendalian kebakaran lahan dan hutan dari TNI, kepolisian, Satpol PP, Tagana, BPBD dan masyarakat peduli api dalam beberapa hari ini disibukkan dengan pemadaman api yang membakar lahan di sejumlah tempat, termasuk hari ini.

Bahkan, BPBD Katingan telah meminta bantuan helikopter dari pihak BNPB Kalteng guna melakukan pengeboman air pada sejumlah titik api di wilayah Katingan Hilir.

Menuut Plt Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama mengaatakan hari ini helikopter melakukan pengeboman di sejumlah  tempat di wilayah Kecamatan Katingan Hilir. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru