Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Disnakertranskop dan UKM Barito Utara Nilai Masalah Pencari Kerja Persoalan Pelik

  • Oleh Ramadani
  • 15 Oktober 2019 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Kepala Disnakertranskop dan UKM Barito Utara Tenggara menilai, masalah pencari kerja yang ada di kabupaten ini merupakan persoalan yang masih pelik dan sangat mendasar.

Hal itu disampaikan ketika menutup acara pelatihan menjahit warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Muara Teweh, Selasa, 15 Oktober 2019.

“Berdasarkan data 2019 dari Januari hingga 30 September 2019 jumlah pencari yang terdaftar membuat kartu AK.I dari berbagai tingkat pendidikan adalah 1.880 orang, belum lagi ditambah yang belum terdaftar dan data dari tahun sebelumnya,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Drs Tenggara MM.

Menurut dia, angkatan kerja Barito Utara didominasi berpendidikan SD, SLTP, SLTA yang mencapai 80 persen, sedangkan mereka yang berpendidikan DI, sampai S1 dan S2 mencapai 20 persen.

“Bila kita menilik kondisi ketenagakerjaan di Barito Utara sebagai salah satu kabupaten di kalteng ini mempunyai SDA yang cukup melimpah namun tidak diikuti dengan SDM yang cukup memadai. Hal ini sangat kontradiktif dan ironis terhadap lapangan pekerjaan yang tersedia,” ucapnya.

Tenggara juga berpesan kepada peserta agar ilmu yang didapat dijadikan bekal untuk membuka pekerjaan ketika sudah kembali ke tengah masyarakat.

Sementara, Kepala Lapas Kelas II B Muara Teweh, Sarwito menyampaikan pelatihan yang digelar sebagai wujud kepedulian Pemkab Barito Utara kepada warga binaan. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru