Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Seruyan Minta Dinas Cari Solusi soal Eceng Gondok Ancam Ekosistem Perairan

  • Oleh Magang 2
  • 16 Oktober 2019 - 08:18 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Perairan sungai dan danau di Seruyan  saat ini, sedang dihadapkan dengan gangguan tumbuhan eceng gondok keberadaan tumbuhan air ini sudah dianggap mengganggu bahkan mengancam keberlangsungan ekosistem perairan.

Guna mengatasi menjamurnya tumbuhan eceng gondok, anggota DPRD Seruyan meminta agar dinas teknis mencarikan solusi terkait hal ini.

“Dinas terkait agar segera melakukan langkah mengatasi  perkembang eceng gondok di perairan Seruyan karena mengancam populasi ikan di sungai,“ kata Muhamad Aswin, Wakil Ketua II DPRD Seruyan, Rabu, 16 Oktober 2019.

Jika tumbuhan eceng gondok semakin banyak tumbuh di perairan, oksigen  dari udara yang masuk ke perairan berkurang, karena tertutup tanaman  ini. Maka bisa dipastikan biota di permukaan air akan berkurang.

Selain mengancam populasi ikan di perairan, keberadaan eceng gondok jika tidak ditanggulanginya juga bisa mempercepat pendangkalan sungai. Karena tumbuhan yang sudah mati akan turun kedasar perairan.

Untuk itu ia berharap dinas teknis melakukan berbagai kajian dengan menggandeng  lembaga atau siapa saja yang memiliki keahlian mengatasi penyebaran eceng gondok.

“Jika tidak ada cara mengurangi penyebarannya paling tidak ada yang bisa memanfaatkan keberadaan  eceng gondok untuk dibuat sesuatu yang bermanfaat agar tidak jadi ancaman,“ tambahnya. (MAGANG 2/B-5)

Berita Terbaru