Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seruyan Raya Manfaatkan Eceng Gondok untuk Kerajinan

  • Oleh Magang 2
  • 16 Oktober 2019 - 08:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Tumbuhan eceng gondok yang saat ini banyak tumbuh di perairan sungai dan danau Kabupaten Seruyan, mulai dilirik masyarakat di Kecamatan Seruyan Raya untuk dijadikan beragam kerajinan.

Camat Seruyan Raya, Juansyah mengatakan, eceng gondok yang selama ini tidak termanfaatkan bahkan hanya menjadi ancaman untuk ekosistem perairan di wilayah setempat, kini mereka lirik untuk bisa dijadikan  bahan kerajinan.

“Di Seruyan Raya saat ini sudah mulai kita kembangkan beberapa kerajinan  dengan bahan dasarnya eceng gondok  karena tumbuhan ini banyak ditemui di perairan kecamatan ini,” kata Juansyah, Rabu, 16 Oktober 2019.

Beraneka kerajinan sudah tercipta dari  eceng gondok, mulai dari baju adat hingga bangunan rumah adat. Semua kerajinan dikerjakan warga di kecamatan setempat.

Pada kegiatan MTQ XV di Rantau Pulut belum lama ini, kata Juansyah, pihaknya  memamerkan berbagai kerajinan berbahan eceng gondok yang hingga saat ini masih belum diketahui masyarakat secara luas.

“Meskipun ini hanya sedikit solusi untuk mengatasi tumbuhan eceng gondok, paling tidak kami sudah sedikit berbuat mencari solusi agar tumbuhan ini bisa dimanfaatkan, serta berharap kerajinan ini bisa berkembang. (MAGANG 2/B-5)

Berita Terbaru