Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Faktor Sosial dan Dukungan Keluarga Berpengaruh dalam Rehabilitasi Pencandu Narkoba

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 16 Oktober 2019 - 14:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng Dorce Sanda mengatakan faktor keluarga atau sosial turut berpengaruh dalam melakukan proses rehabilitasi terhadap para pecandu atau pengguna narkoba.

Menurutnya pasien kategori pecandu ringan bisa dilakukan rehabilitasi rawat jalan atau nginap sangat bergantung pada ada tidaknya dukungan dari kalangan keluarga dan lingkungan sosial.

"Seorang pasien dengan tingkat penyalahgunaan narkoba walapun ringan, tapi kurang atau tidak ada dukungan keluarga maka bisa kita lakukan rehabilitasi rawat nginap," ujar Dorce, Rabu 16 Oktober 2019.

"Kalau keluarga atau lingkungan sosialnya mendukung proses rehabilitasi maka hanya akan dilakukan rawat jalan," imbuhnya.

Ia menyebut dukungan keluarga atau lingkungan sosial sangat diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dari pecandu.

"Mau kembali normal gimana kalau keluarga atau lingkungannya melabelkan dia begini atau begitu. Atau malah menjauhi pecandu tersebut. Ini yang berbahaya juga," ujarnya.

Lanjutnya, karena tidak ada dukungan maka bisa saja pecandu atau pengguna tersebut merasa frustrasi dan mau menggunakan narkoba lagi. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru