Desa Bangun Harja Milik Sentra IKM Pengolah Hasil Pertanian

  • Oleh Magang 2
  • 16 Oktober 2019 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Desa Bangun Harja Kecamatan Seruyan Hilir Timur memiliki potensi perkebunan pisang kepok dan hasil pertanian lainnya. Saat ini Desa Bangun Harja telah memiliki sentra industri kecil menengah (IKM) pengolahan produk pisang dan hasil pertanian lainnya.

Kepala Desa Bangun Harja, Mahmud Hasani menuturkan sentra IKM ini dikhususkan untuk pengolahan hasil pertanian seperti pisang menjadi berbagai jenis panganan, ubi jalar dan berbagai produk berbahan dasar singkong.

“Adanya sentra IKM ini bisa dapat memudahkan masyarakat dalam mengolah hasil pertanian," ujarnya, Rabu 16 Oktober 2019

Saat ini berbagai macam produk olahan terbuat dari pisang kepok mulai dari kerupuk hati batang pisang, tortilla chips berbagai rasa, kripik bonggol pisang, kerupuk jantung pisang, dan kerupuk bonggol pisang sudah diproduksi di sini.

Begitu juga berbagai kreasi produk olahan lainnya berbahan dasar ubi maupun singkong setiap hari diproduksi oleh kaum ibu di sentra IKM ini.

"Produk olahan pisang dan lainnya akan terus kita kembangkan agar ke depannya produk dari Bangun Harja bisa dikenal secara luas, sehingga pendapatan masyarakat semakin meningkat," terangnya. (MAGANG 2/B-6)

Berita Terbaru