Sanggar Sumbu Kurung Bakal Tampil Wakili Kalteng di Bangka Belitung

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 Oktober 2019 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Sanggar Sumbu Kurung bakal tampil mewakili Kalimantan Tengah pada ajang Festival Pertunjukan Rakyat atau Fetunra Nasional di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung.

"Tim inti nantinya akan berangkat 22 Oktober dengan anggota sekitar 16 orang dan didampingi oleh Dinas Kominfo Kalteng serta Diskominfo Pulang Pisau," kata Kepala Diskominfo Kalteng Herson B Aden melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Baryer sebagaimana mengutip MMCKalteng. 

Sebagai langkah persiapan, tim dari sanggar tersebut mematangkan kesiapan dengan menggelar gladi bersih. Seperti yang berlangsung di Rumah Bambu, Desa Buntoi pada Selasa, 15 Oktober 2019.

Dalam latihan tersebut, turut disaksikan Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo, Baryer, Kepala Diskominfo Pulang Pisau dan lainnya.

Ia menuturkan, tim sanggar ini akan membawakan tari budaya Kalteng yang dipadukan dengan drama komedi tentang bahaya hoax serta isu Karhutla yang terjadi di kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar. Durasi penampilan maksimal 20 menit.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, adalah salah satu program kementerian Kominfo untuk menyampaikan pesan kepada masayarakat dengan cara sederhana disertai kearifan lokal. 

Sebelumnya, pada Juli lalu pihaknya melakukan seleksi dan sanggar tersebut dari Kabupaten Pulang Pisau menjadi juara 1 sehingga berhak mewakili Kalteng.

"Harapan kita paling tidak mendapatkan salah satu dari penampilan terbaik, busana terbaik, sutradara terbaik ataupun sebagainya yang menjadi nominasi pada lomba ini," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pulang Pisau cukup bangga. Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Diskominfo Kalteng yang telah mempercayakan pada sanggar tersebut.

"Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk memberikan yang terbaik bagi Kalteng dimata nasional," katanya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru