Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Katingan Buka Pelatihan Pengelolaan Kearsipan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Oktober 2019 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sekda Katingan, Nikodemus membuka pelatihan pengelolaan kearsipan bagi SOPD, kecamatan, kelurahan, dan desa di aula BPKAD, Rabu, 16 Oktober 2019.

Dalam kesempatannya, Nikodemus menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas pelaksanaan kegiatan ini. Sebab, mempunyai nilai penting guna menunjang terciptanya administrasi kearsipan yang mantap dan tertib.

"Tentunya diperlukan adanya suatu sistem pengelolaan atau manajemen yang tepat, dengan didukung oleh tenaga-tenaga yang profesional dan terampil," kata Nikodemus.

Dalam kesempatan ini, Sekda Katingan juga mengucapkan terima kasih kepada Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalsel beserta jajarannya.

Dia menambahkan, arsip merupakan fungsi penting dalam pembangunan nasional, termasuk di Ksbupaten Katingan. Setidaknya ada 5 fungsi penting sebagaimana disebutkan dalam undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

Lima fungsi penting itu yakni mendukung efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pengambilan keputusan, mendukung pengambilan keputusan yang tepat dan transparan, menjadi bukti akuntabilitas kinerja aparatur serta bukti otentik terpercaya dalam pelaksanaan pertanggungjawaban.

"Arsip sebagai salah satu sumber informasi dapat berperan dalam menunjang kegiatan organisasi agar dapat menciptakan efektifitas, efisiensi dan produktivitas kerja," katanya.

"Dan apabila dalam pengelolaannya tidak sungguh-sungguh atau tanpa pengendalian berdasarkan suatu norma dan kaidah kearsipan, maka saat arsip diperlukan sebagai sumber informasi akan sulit ditemukan," pungkasnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru