Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Benangin Harapkan Peningkatan Harga Karet

  • Oleh Ramadani
  • 16 Oktober 2019 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Masih rendahnya harga jual hasil sadapan karet sampai dengan saat ini dikeluhkan warga masyarakat di daerah ini. Warga Benangin harapkan adanya peningkatan harga karet ini, sebab pertanian karet ini masih menjadi salah satu sektor andalan masyarakat.

Keluhan ini disampaikan warga Desa Benangin, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara  saat Ketua Komisi II DPRD Barito Utara, Edi Fran Aji berkunjung ke desa tersebut.

Ketua Komisi II DPRD ini mengungkapkan, salah satu aspirasi yang diterimanya saat mengunjungi Desa Benangin adalah permasalahan harga jual karet yang sudah lama hingga saat ini tidak kunjung naik.

“Menyadap karet ini merupakan salah satu pekerjaan utama masyarakat di Desa Benangin, saat ini harg jual hasil sadapan karet di wilayah desa tersebut antara Rp5500 sampai 6000 per Kg. Jadi warga berharap agar harga karet ini bisa ditingkatkan,” ucapnya, Rabu 16 Oktober 2019.

Oleh karena itu, dia meminta kepada Pemerintah Daerah agar dapat membantu para petani karet yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Barito Utara, untuk mendokrak harga jual hasil sadapan karet.

“Dengan meningkatnya harga jual karet masyarakat ini, otomatis juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Jadi kita mengharapkan bantuan pemerintah untuk masalah ini,” ucapnya.

Senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Bintang Ninggi I, Kecamatan Teweh Selatan, Ardianto. Dia mengatakan sebelumnya, harga karet di wilayahnya masih tidak sebanding dengan harga bahan pokok yang terus mengalami kenaikan.

“Dulu harga karet sempat menembus harga belasan ribu rupiah, dan sekarang hanya Rp 6.800 sampai Rp 7.000 per Kg. Kita harapkan paling tidak untuk harga 1 Kg karet bisa di harga Rp10.000, menyesuaikan dengan harga bahan pokok yang ada saat ini juga terus merangkak naik,” katanya.(RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru