DLH Kotawaringin Barat Gandeng Karang Taruna, Sosialisasikan Kebijakan Pengelolaan Sampah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Oktober 2019 - 23:58 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kotawaringin Barat gandeng karang taruna untuk terus sosialisasikan kebijakan pengelolaan sampah.

Kepala Bidang PSB3 DLH Kobar M Robiannor menyampaikan, berdasarkan instruksi dari Bupati Kobar Hj Nurhidayah, pemahaman kebijakan pengelolaan sampah harus sampai ke pelosok desa.

"Setelah dilakukan sosiasliasi tentang sampah ke sekolah, pemahaman pengelolaan sampah juga harus tembus sampai beberapa karang taruna di pelosok desa, dan kemarin, Selasa 15 Oktober 2019, kami menggelar kegiatan sosialisasi di Desa Pangkalan Tiga Kecamatan Pangkalan Lada,” ujarnya, Rabu, 16 Oktober 2019.

M Robiannor yang juga sebagai Direktur Bank Sampah Induk dan Pimpinan Pangkalan Bun Organik (Bunik) ini juga selain sosialisasi pengelolaan sampah juga sosialisasi tentang makna pemberdayaan masyarakat.

Sejumlah elemen yang hadir diacara pengelolaan sampah seperti para anggota Karang Taruna, RT, PKK, Pengurus Posyandu dan aparat desa.

“Bagaimana caranya sampah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi barang yang berguna, jadi sosialisasi tujuannya agar mereka bisa memberdayakan sampah menjadi barang yang bermanfaat, seperti tempat keset, tempat sampah, hiasan dinding, bahkan busana,” jelasnya.

Materi lainnya dalam sosialisasi juga berkaitan dengan kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Kotawaringin Barat, khususnya di Kota Pangkalan Bun yang sekarang masyarakatnya sudah banyak menyadari, bahwa buang sampah itu jangan sembarangan, harus pada tempatnya.

“Karena pada intinya pengelolaan sampah perlu keterlibatan semua pihak tidak hanya pemerintah dalam hal ini DLH, tapi juga perlu dilaksanakan secara terpadu, bersama dan menyeluruh baik tingkat Kecamatan, kelurahan atau desa, Rt hingga kelompok masyarakat,” tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru