Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Upaya BNNP Kalteng Cegah Narapidana Kendalikan Peredaran Narkoba

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 17 Oktober 2019 - 07:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ulah narapidana yang mengendalikan peredaran narkoba dari balik jeruji besi menjadi perhatian BNNP Kalteng. Untuk itu, BNNP meningkatkan sinergitas dalam rangka pengawasan dengan Kemenkumham dan Lapas.

"Sinergitas antara kami dengan Kemenkumham dan lapas atau rutan sudah sangat baik. Beberapa kesempatan kami lakukan diskusi tentang pemberantasan narkoba dari dalam lapas dan lain sebagainya," kata Kepala BNNP Kalteng, Kombes Pol Marudut Hutabarat, Rabu, 16 Oktober 2019.

Dia menilai selama ini pengawasan pihak Lapas dan Rutan terkait peredaran narkotika sudah lumayan baik. Keterlibatan sipir jarang ditemukan. 

"Saya kira untuk pengawasan teman-teman Lapas cukup ketat. Sipir juga diberi penegasan untuk tidak ikut berkompromi dengan keluarga atau siapapun yang ingin memasukan narkotika ke dalam lapas dan alat komunikasi," ujarnya. 

Sayang, meski ada aturan yang sedemikian ketat dan tegas, masih saja ada keluarga atau narapidana yang berjuang dengan berbagai cara agar bisa lolos. 

Dalam mengendalikan peredaran narkotika dari dalam lapas, narapidana tentunya menggunakan alat komunikasi. Padahal dalam aturannya tidak diperbolehkan memiliki ponsel. 

"Yang masih terus dikejar pihak lapas itu siapa dan bagaimana meloloskan ponsel ke lapas dan sampai ketangan narapidana. Ini yang masih terus dikejar," ujarnya. (ARNOL/B-11)

Berita Terbaru