Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terkendala Akses Jalan, Rotan  Seruyan Dijual ke Kalimantan Barat

  • Oleh Magang 2
  • 17 Oktober 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Terkendala Akses jalan, hasil kerajinan rotan asal Kabupaten Seruyan tidak bisa di pasarkan secara maksimal, hingga warga di Kecamatan Seruyan Hulu dan Suling Tambun, memilih menjual rotan setengah jadi ke Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan  Kabupaten Seruyan Laosma Purba mengatakan, hasil panen rotan petani seringkali melimpah. Namun sayangnya pemasaran barang kerajinan rotan  terkendala lantaran akses jalan masih sulit. Di samping itu, tempat pemasaran kerajinan rotan juga belum tersedia.

Dengan berbagai kendala yang dihadapi banyak petani terpaksa menjual rotan setengah jadi ke Kalimantan Barat. Lantaran akses jalan yang munuju salah satu kabupaten di provinsi tetangga tersebut lebih mudah.

Pengusaha yang menekuni kerajinan rotan pun hingga saat ini masih sulit untuk diajak kerjasama terkait pemasaran. Alasannya karena akses jalan yang sulit sehingga biaya angkut akan lebih besar.

“Semoga kedepan akses jalan kita, di wilayah hulu semakin baik, sehingga pengusaha akan datang dengan sendirinya untuk melihat potensi serta usaha pemasaran berbagai potensi yang kita miliki, seperti rotan dan karet,” katanya, Kamis, 17 Oktober 2019.

Dari segi kemampuan dan keahlian, para pengrajin disana,mampu pengolahan sejumlah barang kerajinan asal rotan sangat cukup mampuni untuk bisa bersaing dalam menciptakan peluang usaha  guna meningkatkan  pendapatan.  (MAGANG 2/B-5)

Berita Terbaru