Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warna Air Sungai Jelai Berangsung Normal 

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Oktober 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kondisi air Sungai Jelai mulai normal. Sebelumnya air sungai itu berwarna hijau kebiruan, dan kini berangsur kembali seperti biasa.

"Untuk kondisi air, karena hujannya sudah terjadi beberapa kali, saat ini terlihat cenderung lebih normal," ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Rendy Lesmana, Kamis, 17 Oktober 2019.

Menurut Rendy, saat ini hujan yang turun di Sukamara masih dalam intensitas sedang.

"Kita lihat memang ada perubahan rona pada warna air. Dan untuk umumnya sudah normal," tukasnya.

Rendy menjelaskan perubahan warna air sebelumnya disebabkan asam humat yang meningkat akibat kebakaran hutan dan lahan.  Saat hujan turun, lapisan asam humat di tanah ikut larut bersama hujan ke sungai.

"Dari perairan, asam humat memicu pertumbuhan tanaman air seperti eceng gondok, ganggang atau alga hijau. Pertumbuhan ganggang inilah yg menyebabkan air sungai berubah warna jadi hijau kebiruan seperti air laut," terangnya.

Kemudian, tumbuhan tersebut mengikat oksigen yang larut di dalam perairan. Sehingga menyebabkan jumlah oksigen menurun drastis dan ikan-ikan kesulitan bernafas.

"Jadi kematian ikan-ikan ini bukan karena keracunan, melainkan karena kekurangan oksigen. Itu terindikasi dari tanda-tanda fisik pada ikan," tukas Rendy Lesmana. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru