Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Hadiri Silaturahim Dayak Nasional di Betang Hapakat

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 Oktober 2019 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menghadiri acara Silaturahim Dayak Nasional di Betang Hapakat, Jalan RTA Milono, Kota Palangka Raya, Kamis, 17 Oktober 2019.

Acara tersebut dihadiri seluruh perwakilan baik dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, maupun Kalimantan Utara. Kedatangan Gubernur pun mendapat sambutan hangat dari masyarakat Dayak.

"Pertemuan ini bagus sekali untuk menyamakan persepsi," kata Gubernur Kalteng.

Gubernur menuturkan, masyarakat Dayak harus mendapat keadilan baik pada bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun lainnya. Dengan harapan keluar dari kemiskinan.

Di sisi lain, Gubernur berharap masyarakat Dayak harus ada yang menjadi menteri. 

Hal itu juga tertuang pada pernyataan sikap, gerakan Dayak nasional yang menuntut kesetaraan dan menggugat keadilan demi keutuhan NKRI.

Isi pernyataan sikap itu antara lain, Suku Dayak terus mendukung tegak dan utuhnya NKRI. Dayak mendukung pemerintahan Joko Widodo - Ma,aruf Amin. 

Selanjutnya, menuntut pemerintahan Joko Widodo - Ma,Aruf Amin menempatkan putra-putri Dayak sebagai menteri kabinet, duta besar, staf khusus presiden, komisaris BUMN, dan jabatan struktural lainnya serta penambahan kuota penerimaan TNI/Polri dan sekolah kedinasan lainnya. 

Kemudian, menuntut pemerintah dan DPR mengesahkan RUU masyarakat adat dan meninjau atau merevisi beberapa UU yang dianggap kurang berpihak kepada masyarakat hukum adat.

Terakhir, menuntut pemerintah memperbesar dana desentralisasi, dekonsentrasi, dan dana percepatan pembangunan di Kalimantan. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru