Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi C Minta Masyarakat Palangka Raya Waspadai Penyakit DBD

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Oktober 2019 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah meminta masyatakat untuk waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Hal ini disampaikan Mukarramah berkaitan dengan musim hujan yang telah menggantikan kabut asap beberapa waktu lalu.

"Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang menyelimuti Kota Palangka Raya dalam beberapa pekan terakhir kan sudah berangsur-angsur hilang. Meski masih ada kebakaran di beberapa titik, tapi kita dominan sudah merasakan hujan yang merata. Nah yang harus diwaspadai masyarakat sekarang adalag DBD," kata Mukarramah, Jumat 18 Oktober 2019.

Memang kabut asap yang telah lalu menurutnya tentu menjadi bagian masalah bagi kesehatan masyarakat di musim kemarau.

"Walau beberapa masyarakat masih ada yang mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap, tapi dengan kondisi kabut asap itu mulai berangsur hilang akibat turunnya hujan, kini kita masih berada di saat peralihan musim, yakni dari kemarau ke musim penghujan," jelasnya.

Salah satu bahaya yang perlu diwaspadai adalah adanya pengembangbiakan nyamuk aedes aegypti atau nyamuk demam berdarah di musim hujan.

"Ketika memasuki pergantian musim, yakni dari kemarau panjang ke musim penghujan, maka pertumbuhan nyamuk mematikan ini cukup signifikan. Kita minta masyarakat waspadai ini," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru