DLH Kobar Segera Sosialisasikan Pengelolaan Sampah kepada Pedagang

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Oktober 2019 - 22:18 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat (DLH Kobar) segera menyosialisasikan dan memberi pelatihan kepada pedagang Pasar Saik Indra Sari terkait pengelolaan sampah.

Kepala Bidang PSB3 DLH Kobar M Robiannor menyampaikan, ada arahan langsung dari  Kobar Nurhidayah terkait pemberian pelatihan pengelolaan sampah kepada pedagang. Terkait hal itu, pihaknya akan segera menindaklanjutinya.

"Terkait adanya pelatihan atau sosoalisasi memang sudah kita laksanakan di kelurahan dalam kota, bahkan sampai ke pelosok. Sementara itu, untuk pelatihan pengelolaan sampah bagi para pedagang, segera kita laksanakaan. Mudah-mudahan tahun ini bisa kita jadwalkan untuk pelatihan para pedagang," ujarnya kepada Borneonews saat menghadiri persemian Pasar IndraTa8 Sari Blok A dan Blok B, Pangkalan Bun, Jumat, 18 Oktober 2019.

Sebelumnya, Bupati Kobar meminta DLH memberikan pemahan tentang pengelolaan sampah kepada pedagang agar di Pasar Indra Sari Blok A dan Blok B, Pangkalan Bun. Supaya kebersihan tempat itu tetap terjaga.

Robiannor menjelaskan, dengan adanya sosialisasi kepada pedagang, minimal mereka tahu cara pengelolaan sampah organik nantinya.

"ketika sampah dikumpulkan mungkin bisa kita edukasi dan panggil praktisinya untuk mengolah sampah organik ini menjadi kompos."

"Ya paling tidak mereka tahu dan bagaimana menjaga kebersihan. Minimal membuang sampah pada tempatnya," ungkap dia.

DLH Kobar juga berencana membantu penanganan kebersihan pasar dengan menyediakan tempat sampah. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru