Kegiatan JOTA dan JOTI Agar Anggota Pramuka Punya Kemampuan Teknologi Informasi 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Oktober 2019 - 05:30 WIB


BORNEONEWS, Sampit - Kegiatan Jambore On The Air dan juga Jambore On The Internet ataua JOTA dan JOTI bertujuan agar anggota pramuka di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini memiliki kemampuan teknologi informasi.
 
"Kegiatan JOTA dan JOTI ini karena kami ingin anggota pramuka memiliki kemampuan teknologi informasi," ujar Ketua Panitia Jota dan Joti Kotim Multazam, Jumat, 18 Oktober 2019. 

JOTI merupakan komunikasi melalui frekuensi radio. Dan pihaknya sudah mencoba melakukan komunikasi dengan pramuka yang ada di Samarinda dan Jawa Barat. Komunikasi tersebut dilakukan sebagai upaya silaturahmi antar sesama anggota pramuka yang ada di daerah lain. Sehingga bisa bertukar informasi sesama anggota pramuka. 

"Jadi sudah kami coba berkomunikasi melalui frekuensi radio. Dan mudah-mudahan komunikasi tersebut bisa berjalan dengan baik kedepannya," kata Multazam. 

Sementara, untuk JOTI diharapakan bisa menjadi salah satu komunikasi cheting antar sesama anggota pramuka di seluruh Indonesia maupun dunia. Mereka nantinya bisa bertukar informasi dan juga kartu dan angka tertentu. 

"Jadi hal ini adalah upaya silaturahmi antarsesama anggota pramuka di manapun berada. Sehingga kekeluargaan pramuka terus tercipta dengan baik," harap Multazam. 

Kegiatan JOTA dan JOTI berlangsung di Kantor Dinas Kominfo Kotim, 18-20 Oktober 2019. Sebanyak 150 anggota pramuka mengikuti kegiatan ini. Mulai pramuka penggalang yang berpangkalan di gugus depan, pramuka penegak dan dan pandega dari ambalan di Sampit, Saka Bahari dan Saka Bhayangkara serta Saka Kominfo, dan Dewan Kerja Cabang Kotim. (MUHAMMAD HAMIM/m)

Berita Terbaru