Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Rahasia Sukses Gubernur Kalteng Tingkatkan Wisatawan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 19 Oktober 2019 - 05:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jumlah wisatawan mancanegara ke Kalimantan Tengah mengalami peningkatan drastis setiap tahunnya. Hal itu tidak lepas, dari kerja keras Gubernur Kalteng Sugianto Sabran beserta bawahannya dalam mengembangkan kebudayaan dan pariwisata hingga dikenal di mata dunia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Guntur Talajan pada Jumat, 18 Oktober 2019 mengatakan, pada 2016, wisatawan mancanegara tercatat 20.496. 

Di tahun berikutnya meningkat menjadi 26.159. Kembali meningkat menjadi 38.610 di 2018. Selanjutnya, sampai dengan Agustus 2019 mengalami peningkatan siginifikan menjadi 66.436.

Lantas apa rahasianya wisatawan mancanegara selalu meningkat bahkan melebihi dari target

"Rahasianya adalah memperbanyak event. Kebudayaan, kesenian dan pariwisata," kata Guntur Talajan.

Ia menuturkan, dirinya pernah menimba ilmu melalui seminar nasional dengan menghadirkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. 

Disitulah diketahui bahwa kuncinya adalah mengembangkan event. Ia pun menerapkan hasil perolehan ilmu itu di Kalteng. Atas dukungan penuh gubernur, hal itu akhirnya terwujud. 

"Ada beberapa kabupaten yang menggelar event masih sedikit. Sudah saya tegur. Jadi nanti minimal tiap daerah ada 5 sampai 10 event," ungkapnya.

"Inilah yang dapat mengundang baik wisatawan lokal, nusantara sampai mancanegara," tuturnya. 

Untuk diketahui, kini sudah ada 3 event festival yang masuk dalam kalender nasional. Yaitu Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Festival Babukung dan Festival Tanjung Puting. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru