Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Seruyan Berhasil Budidayakan Ikan Pipih

  • Oleh Magang 2
  • 19 Oktober 2019 - 08:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan berhasil mengembangkan budidaya ikan pipih yang dihasilkan dari indukan yang menetas secara alami dan saat ini sudah menghasilkan puluhan benih berusia 1 bulan.

Pengembangan budidaya ikan pipih ini secara khusus dilakukan Dinas Perikanan Seruyan di Balai Benih Ikan (BBI) Telaga Pulang, Kecamatan Danau Sembuluh.

Keberhasilan ini termasuk yang pertama di Indonesia untuk pembudidayaan ikan pipih oleh pemerintah daerah.

Kepala Dinas Perikanan Seruyan, Abu Hasan Asari mengatakan di BBI Telaga Pulang ini disediakan kolam khusus untuk indukan ikan pipih.

Dari puluhan indukan telah menetas secara alami mulai dari telur hingga sekaran menjadi benih.

“Saat ini ada sekitar 70-an ekor benih ikan pipih yang dihasilkan dari indukan ini. Usianya sudah sekitar 1 bulan dengn panjang benih sudah mencapai 9 cm," kata Abu, Sabtu 19 Oktober 2019.

Keberhasilan pembudidayaan ini menurut Abu ditunjang dengan kondisi perairan dan keadaan suhu dan kondisi sekitar di BBI Telaga Pulang yang tidak jauh berbeda dari populasi aslinya di perairan umum di Sungai Seruyan.

Selama ini ikan pipih merupakan salah satu ikan yang cukup sulit dibudidayakan. Beberapa daerah di Indonesia banyak gagal dalam mengembangkannya.

Dinas Perikanan Seruyan akan berupaya maksimal agar proses pembudidayaan secara alami ini dapat terus dilakukan. (MAGANG 2/B-6)

Berita Terbaru