Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: BUMD Harus Mandiri, Jangan Cuma Mengharap Penyertaan Modal

  • Oleh Naco
  • 19 Oktober 2019 - 11:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebelum bergerak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bentukan Pemkab Kotawaringin Timur (KOtim) sudah banyak mendapatkan saran masukan terutama dari kalangan DPRD. Salah satunya yang ditekankan agar mereka bisa mandiri.

"BUMD dibentuk jangan terlalu banyak berharap dengan penyertaan modal, harus mampu mandiri," kata Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kotim, Syahbana, Sabtu 19 Oktober 2019.

Lanjut Syahbana, bila memang ingin maju, maka BUMD itu dikelola oleh kalangan profesional, sehingga bisa jadi andalan pemerintah untuk menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah.

Karena salah satu semangat dibentuknya BUMD itu yaknis sebagai pencari uang untuk PAD Kotim, bukan justru sebaliknya hanya sekedar berharap penyertaan modal saja, tapi tidak bisa menambah pendapatan kepada daerah.

"Kita tentunya tidak ingin hadirnya BUMD malah jadi beban bagi daerah," tegas Anggota Komisi II DPRD Kotim ini. Ditegaskan, pembentukan BUMD ini harus diseriusi pemerintah kabupaten.

Dengan cara itu satu-satunya upaya cepat pemerintah hadir ditengah persoalan masyarakat saat ini, seperti persoalan sawit, karet, rotan hingga sektor usaha UMKM lainnya.

Bahkan di sisi lain banyak pihak yang berharap agar keberadaan BUMD ini memberikan dampak yang baik bagi kesejahteraan masyarakat dan mendukung kemajuan pembangunan daerah.

"Artinya orang yang ada di dalam BUMD ini harus piawai melihat dan menggali potensi daeran ini," pungkasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru