Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT Angkasa Pura II Suntik Modal BIJB Rp 200 Miliar

  • Oleh Tempo.co
  • 19 Oktober 2019 - 16:02 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Muhamad Singgih mengatakan, PT Angkasa Pura II mulai menyuntikkan modalnya, sebagai bagian dari rencana pembelian saham PT BIJB.

“Yang sudah masuk Rp 30 miliran sekian,” kata dia pada Tempo, di Bandung, Jumat 19 Oktober 2019. Singgih mengatakan PT Angkasa Pura II hingga akhir tahun ini berencana menyuntikkan modalnya menembus Rp 200 miliar.

“Yang masuk di bulan ini Rp 100 miliar. Sampai akhir tahun di sekitar Rp 200 miliar,” katanya.

PT Angkasa Pura II akan menggelontorkan Rp 625 miliar sebagai penyertaan modal untuk mendapatkan saham PT BIJB. Penyertaan modal ini akan diberikan secara bertahap hingga 2020 dan 2021.

Singgih mengatakan dana yang masuk digunakan untuk membayar cicilan hutang PT BIJB saat membangun terminal Bandara Kertajati di Majalengka. Dia menepis kabar kredit macet dalam pembayaran hutang PT BIJB.

“Sampai hari ini kita bayar terus kok. Gak ada yang macet,” katanya. PT BIJB saat ini sedang mempersiapkan bisnis logistik di Bandara Kertajati.

Dia mengakui, jadwal eksekusi rencana bisnis tersebut molor. “Kita masih memulai persiapan itu. Sekarang kita tinggal tunggu surat rekomendasi dari Airlines ada RA, regulated agent, supaya up-going itu penentunya ada di Airlines. Ini yang sedang kita siapkan. Sebentar lagi siap,” katanya lagi.

PT BIJB juga tengah menunggu hasil sertifikasi pemasangan peralatan navigasi baru. Maskapai Xpress Air misalnya, menunggu peralatan itu agar bisa beroperasi di Bandara Kertajati.

“Proses sertifikasi itu minggu-minggu ini diharapkan selesai,” katanya. Saat ini hanya Lion Air dan Air Asia yang beroperasi di Bandara Kertajati selepas Citilink dan Garuda menghentikan layanannya.

Maskapai Xpress Air sudah lama berencana masuk, tapi menunggu peralatan navigasi.

Berita Terbaru