Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kala Triawan Munaf Terharu Bertemu Barista Indonesia di Abu Dhabi

  • Oleh Tempo.co
  • 19 Oktober 2019 - 17:02 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf berbagi kisah soal pengalamannya bertemu barista atau peracik kopi saat berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pertemuan terjadi saat Triawan berkunjung ke sebuah kedai kopi di sana. Ternyata sang barista merupakan orang yang pernah mendapatkan pelatihan yang didukung Bekraf.

“Dia merasa bertemu dengan bapaknya. Ini yang membuat saya terharu,” kata Triawan saat hadir dalam acara Ngobrol Pinter tentang Ekonomi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat 18 Oktober 2019.

Di acara ini menteri-menteri ekonomi kabinet pertama Presiden Joko Widodo atau Jokowi kongko-kongko terakhir sambil minum kopi, sebelum kabinet kedua diumumkan Minggu 20 Oktober 2019.

Menurut Triawan pelatihan yang didukung Bekraf telah membuat si barista mendapatkan sertifikasi kerja di luar negeri sesuai profesinya tersebut.

Triawan merasa sangat bangga karena seorang anak Indonesia, bisa naik kelas sedemikian rupa hingga berkarier jauh di Uni Emirat Arab.

“Dia punya skill yang diterima di luar negeri,” katanya. Sebagai salah satu badan yang bertugas mengembangkan ekonomi kreatif, kopi dan berikut barista merupakan sasaran dari lembaga ini.

Sehingga, Bekraf turut andil dalam beberapa sertifikasi kompetensi barista. Salah satunya di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Barista Indonesia di bawah Esperto Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan barista, hingga penjualan alat pembuatan kopi, berikut bijinya.

Lewat akun Instagramnya lspbarista.id, Esperto Indonesia rutin membagikan aktivitas sertifikasi yang diadakan di berbagai tempat di Indonesia.

Dalam wawancara bersama Tempo pada pertengahan Juli 2019, Director of Marketing and Business Development Esperto Indonesia, Novita Suryaningsih mengatakan Esperto Indonesia bermitra dengan Bekraf mencetak barista yang handal.

Berita Terbaru