Wakil Ketua I DPRD Kapuas: Sejumlah Desa di Wilayah Mantangai Kekurangan Bidan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Oktober 2019 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas Yohanes menyebutkan bahwa sejumlah desa di wilayah Kecamatan Mantangai masih kekurangan tenaga kesehatan, khususnya bidan desa, sehingga perlu jadi perhatian pemerintah daerah.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini masih kurangnya tenaga bidan desa itu diketahui saat pihaknya melaksanakan reses kelompok, beberapa waktu lalu di Dapil II Kapuas termasuk wilayah Mantangai ini.

"Pada umumnya desa-desa di Kecamatan Mantangai itu masih membutuhkan bidan desa," ucap Yohanes, Sabtu 19 Oktober 2019.

"Karena sering ditempatkan di desa nya seperti seperti di Desa Tumbang Muroi, Tumbang Mangkutup, Lapetan dan sekitarmya itu bidan desa tidak betah tinggal," lanjutnya.

Bahkan dia juga mendengarkan aspirasi dari warga itu ada yang beberapa bulan saja karena mereka tenaga kontrak minta pindah, mungkin berkaitan dengan penghasilan jadi salah satu alasan.

"Mungkin diantaranya mereka kontrak itu keterbatasan, sehingga kami harap ada perhatian lebih terkait penghasilan. Karena disana biaya transportasi mahal," katanya.

Dia menyebutkan ada juga usulan masyarakat di desa wilayah Mantangai terkait ketersediaan obat-obatan yang masih kurang.

"Kadang ada tenaga dan peralatan medis, tapi obatnya tidak ada. Sehingga jadi kendala juga," tuturnya.

Untuk itulah dia berharap kepada Pemkab Kapuas melalui instansi terkait dapat memperhatikan hal ini. "Sehingga akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat," harapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru