Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua I DPRD Berharap Pemkab Kapuas Tingkatkan SDM Tenaga Kesehatan di Pedesaan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Oktober 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas Yohanes, berharap pemkab melalui instansi terkait terus meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia atau SDM tenaga kesehatan di perdesaan.

Terlebih, di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Mantangai, masih banyak yang kekurangan tenaga bidan. Sehingga pelayanan kesehatan masyarakat tidak optimal.

"Kami harapkan Dinas Kesehatan dapat membenahi sumber daya manusia yang ada di desa. Dengan menempatkan tenaga kesehatan terampil," ucap Yohanes, Sabtu, 19 Oktober 2019.

"Karena saat kami reses di Mantangai itu kalau ada warga mau melahirkan, bidannya langsung merujuk. Mungkin karena baru. Karena kurang terampil dan pengalaman sehingga tidak berani menangani," lanjutnya.

Menurut politisi PDIP ini, diperlukannya tenaga kesehatan yang berkompetensi dan terampil sehingga memudahkan masyarakat.

"Kami berharap hal ini dapat terus ditingkatkan oleh Pemkab Kapuas, karena pelayanan bidang kesehatan ini penting," katanya.

Ia juga berharap ke depan tenaga kesehataan berasal dari desa setempat. Untuk meminimalisasi terjadinya kekosongan karena wilayah yang jauh dari ibu kota kecamatan.

"Tapi kembali lagi, kalau menghitung untung rugi itu susah. Karena di masyarakat kecil ini pengabdian yang diutamakan. Kalau bisa orang lokal di sanalah yang bekerja," harapnya.

Yohanes mengatakan, bidang kesehatan ini bersifat urgent, khususnya di Kecamatan Mantangai. Sehingga perlu jadi perhatian. "Dengan menempatkan tenaga kesehatan yang sifatnya itu pengabdian kalau bisa," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru