Tari Daerah Manyanggar Laman Sabet Juara I Smansa Cup 2019

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Oktober 2019 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sanggar tari Asal SMKN 1 Pangkalan Bun, menyabet juara I dalam ajang lomba tari daerah Smansa Cup 2019. Grup tari SMKN 1 Pangkalan Bun menampilkan tarian berjudul Manyanggar Laman.

Disampaikan oleh penggagas ide cerita, Ardian Adam, bahwa tarian itu merupakan tari pedalaman kreasi baru yang merepleksikan tentang sebuah upacara adat Suku Dayak Arut yakni menyanggar laman.

"Menyanggar laman bertujuan untuk menghormati kehidupan di alam lain yang tidak kasat mata yang selalu menjaga kampung laman banua," ungkapnya.

Dalam tarian itu terdapat gerak dasar Suku Dayak dan gerak tari yang sedang berkembang saat ini serta terdapat gerak tari igal kembang yang merupakan khas Suku Dayak Arut dan Dayak Tomun. 

Tarian itu menggunakan properti ancak sebagai sarana tempat persembahan. Tarian Menyanggar Laman sudah kembangkan dan dikreasiakan menjadi suguhan tari pertunjukan.

Sementara itu, penata tari Niken Endrianti, yang juga pembina Seni SMKN 1 Pangkalan Bun, menyampaikan bahwa tari Manyanggar Laman bisa juga ditampilkan pada saat peresmian gedung, acara ulang tahun sekolah, dan festival.

"Jadi biasanya diundang pada acara - acara peresmian, seperti kemarin peresmian pasar baru, dan festival lainnya," ungkap dia.

Adapun untuk ekstrakurukuler di sekolah, latihan dilaksanakan sekali sepekan. Namun, saat ada lomba latihan lebih diintensifkan. Para penati berasal dari Sanggar Baikal Tabela SMKN 1 Pangkalan Bun.

"Kami latihan biasannya seminggu sekali. Kalau mau ada lomba bisa dipadatkan jadi 3 kali seminggu, bahkan bisa setiap hari, tergantung lombanya," sebut Niken.

Saat tampil dalam kegiatan SMANSA Cup 2019, tari Menyanggar Laman dibawakan oleh 18 orang, terdiri dari 8 penari dan 10 pemain musik. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru