Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peternak di Desa Janah Mansiwui Menilai Itik Petelur Lebih Menguntungkan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 Oktober 2019 - 23:22 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Peternak asal Desa Janah Mansiwui, Kecamatan Awang, Kabupaten Barito Timur, menilai beternak itik petelur lebih menjanjikan dari segi keuntungan penjualan.

"Beternak itik ini lebih menjanjikan dibanding dengan yang lainnya, perawatannya mudah dan kita bisa menjual telur, anak itik atau dagingnya," kata Apeng Saputra, peternak itik asal Desa Janah Mansuwui yang mengikuti studi banding dan studi kaji di lokasi pembibitan itik di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu, 19 Oktober 2019.

Alasannya, peternak itik bisa memanfaatkan pakan dari dedak sisa penggilingan padi dan tanam-tanaman yang tumbuh di sawah  yang berada di Desa Janah Mansiwui.

Menurut Penyuluh Pertanian Muda Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur, Lukmanul Chakim, peluang usaha tersebut cukup baik untuk dilakukan di Desa Janah Mansiwui dan Kabupaten Barito Timur secara umum.

"Harga jual telur itik di pasar Rp2.500 per butir dan harga jual anak itik (DOD) yang ditetaskannya sendiri dengan menggunakan mesin tetas seharga Rp10 ribu per ekor," kata Lukmanul

Selain itu, lanjutnya, itik dewasa yang siap bertelur dapat dijual lebih mahal, pada umumnya harga jual itik dewasa berkisar antara Rp90.000 - Rp100.000 per ekor.

Lukmanul berharap hasil kegiatan studi banding dan studi kaji dapat diadopsi untuk pengembangan itik petelur oleh masyarakat Janah Mansiwui atau pun desa lain di Kabupaten Barito Timur. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-3)

Berita Terbaru