Rendahnya Kesadaran Pengendara Jadi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Oktober 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banyak faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Salah satunnya, tidak lepas dari rendahnya kesadaran pengendara terhadap keselamatan berlalulintas.

"Terjadinya kecelakaan bermula karena adanya pelanggaran lalu lintas. Pengendara kurang peduli keselamatan," kata Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel melalui Kasat Lantas AKP Yudha Setiawan, Minggu, 20 Oktober 2019.  

Terkait itu, pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan berkendara. Sehingga tidak menjadi korban kecelakaan.

Dia juga mengatakan bahwa saat ini kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat di Kotim masih rendah. Terutama terkait dengan penggunaan helm dan juga mengambil jalur berlawanan. Hal tersebut tentunya sangat membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Kesadaran berlalu lintas yang baik masyarakat Kotim memang masih rendah. Hal itu menjadi perhatian kami agar kecelakaan lalu lintas dapat ditekan," kata Yudha.

Rendahnya kesadaran berlalu lintas tersebut menjadi perhatian pihaknya. Berbagai upaya mulai dari penindakan, hingga sosialisasi terus dilakukan. Baik itu melalui media sosial atau peringatan secara langsung. 

"Kami terus melakukan sosialisasi dan peringatan secara langsung kepada pengendara. Agar kecelakaan lalu lintas di Kotim ini terus berkurang," terang Yudha. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru