Sertifikat Gratis Bisa Bantu Warga untuk Peminjaman Modal

  • Oleh Naco
  • 20 Oktober 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Dadang H Syamsu menyebutkan adanya pembagian sertifikat gratis dari BPN Kotim sangat membantu masyarakat. Di antaranya, untuk mempermudah pinjaman modal ke lembaga perbankan. 

"Setidaknya kalau sudah ada sertifikat itu mereka bisa mudah akses pinjaman dana ke bank," kata Dadang, Minggu, 20 Oktober 2019.

Terkhusus di Kecamatan Baamang, ada 2.860 warga yang mendapatkan program sertifikat gratis tersebut. Terkait itu, Dadang meminta agar segera dibagikan.

"Karena kalau lama ditahan, hanya membuat masyarakat gelisah dan tidak  bisa berbuat apa-apa," kata Dadang.

Sejumlah masyarakat saat ini harus dibuat resah. Pasalnya hingga kini sertifikat gratis yang dijanjikan pemerintah melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL)  tak kunjung diberikan. Padahal itu merupakan program tahun 2018 silam.

Masyarakat terus bertanya dan BPN juga mestinya harus menyampaikan secara terbuka kepada publik persoalan sebenarnya. Terkait belum disalurkannya sertifikati kepada warga hingga penghujung tahun 2019 ini.

Padahal secara simbolis sudah diserahkan Bupati Kotim, Supian Hadi pada 1 April 2019 lalu. Awalnya warga mengira setelah pemberian secara simbolis tersebut sisanya langsung dibagikan.

"Semoga saja apa yang disampaikan BPN sudah bisa diambil itu benar adanya. Jangan warga ke sana alasannya banyak lagi," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru