Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Desa Sikui Bangun Balai Pertemuan Gunakan Dana Desa

  • Oleh Ramadani
  • 20 Oktober 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara  membangun balai pertemuan menggunakan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2019.

“Pembangunan balai desa ukuran 8 x 22 meter. Sejauh ini sudah mencapai 60 persen. Masih ada pekerjaan lain, seperti pemasangan keramik,” kata Kepala Desa Sikui, Saperani, Minggu, 20 Oktober 2019.

Dia mengatakan, dalam pembangunan balai desa ini, masih ada sedikit kendala, terutama masalah lahan.

Tanah 25 x 40 meter yang dibangun ini merupakan hibah dari salah satu perusahaan batubara yaitu PT MME dan bukan membeli dari masyarakat. Perencanaannya pun masuk dalam RAB, termasuk pekerjaan bukan tanah atau lahannya.

“Tapi kadang-kadang persepsi masyarakat berbeda-beda, bahwa pembangunan balai desa ini merupakan hasil dari membeli tanah dari warga. Tanah tidak dibeli, tapi hibah dari PT MME dengan ukuran yang ada di sertfikat yakni 25 x 40 meter,” tegas Saperani.

Memang, sempat ada ada salah satu warga desa Sikui yang mengklaim lahan pembangunan balai desa itu.

“Ada surat dari warga setempat. Isinya menyebutkan agar pembangunan balai desa di stop. Kami diberi tempo selama lima hari mulai tanggal 10 - 15 Oktober 2019. Apabila belum ada ganti rugi, tanah akan diportal,” kata Kades Sikui.

Dia menjelaskan, pemdes memiliki legalitas untuk pembangunan balai pertemuan.

“Dalam membangun balai pertemuan ini, Pemdes Sikui selalu melakukan konsultasi dengan Dinas Sosial PMD, kecamatan, dan BPD, serta kepolisian,” ucap kades.

Dia mengatakan, klaim warga Desa Sikui tersebut yang menyatakan Pemdes Sikui menyerobot tanah warga, itu tidak benar. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru