Tim Terpadu Karhutla Danau Sembuluh Lepasliarkan Ular Sanca

  • Oleh Magang 2
  • 20 Oktober 2019 - 23:04 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Tim Terpadu Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan melepasliarkan seekor Ular Sanca yang sekitar satu bulan lalu ditemukan terjebak dalam kubangan api akibat Karhutla di wilayah setempat.

Camat Danau Sembuluh, Robbi Kurniawan mengatakan, tim terpadu berhasil melepasliarkan Ular Sanca dengan panjang 3 meter ke habitat aslinya  hutan belantara antara Desa Telaga Pulang dan Desa Baung.

Pelepasliaran ini dapat dilakukan lantaran kondisi satwa maupun habitat dimana ular sanca ini ditemukan sudah berangsur membaik.

“Alhamdulilah, tim Penanggulangan Karhutla Kecamatan Danau Sembuluh, sudah berhasil melepasliarkan kembali Ular Sanca ke habitat aslinya, setelah sekitar satu bulan dirawat untuk masa pemulihan," terang Robbi Kurniawan, Minggu sore, 20 Oktober 2019.

Robbi menceritakan, pada awal ditemukan, Ular Sanca dalam keadaan stres dan tak berdaya akibat terjebak dalam kubangan api pada musim kemarau lalu.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi telah mengusik kehidupan satwa liar yang selama ini hidup bebas di alam liar. Beruntung pada saat itu, tim  terpadu yang berjibaku memadamkan kobaran api, melihat ular tersebut dan langsung membawanya untuk pemulihan di Posko terpadu Karhutla kecamatan setempat hingga akhirnya dapat dilepasliarkan kambali. (MAGANG 2/B-2)

Berita Terbaru