Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pulang Pisau Latih Pemandu Wisata Budaya 

  • Oleh James Donny
  • 21 Oktober 2019 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pulang Pisau melatih pemandu wisata budaya di Kabupaten Pulang Pisau. Pelatihan yang digelar di aula Mess Pemda Pulang Pisau jalan Oberlin Metar, Senin, 21 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut dibuka Pelaksana Tugas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pulang Pisau, Halidi. Hadir juga dalam kegiatan itu Kepala Dinas Pariwisatanya Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan dan Wakapolres Pulang Pisau Kompol Imam Riyadi selaku narasumber dalam kegiatan itu. 

Saat membuka kegiatan pelatihan tersebut, Plt Asisten II mengatakan bahwa latihan pemandu wisata budaya merupakan salah satu aset yang harus dipertahankan dan dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata.

Menurutnya beberapa negara maju yang memiliki kekuatan sejarah dan warisan budaya pun berusaha sekuat mungkin untuk melestarikan dan menyajikan sejarah dan warisan budaya yang dimilikinya.

"Salah satu indikator kesuksesan penyajian wisata budaya berada pada peranan atau kemampuan pemandu wisata atau pramuwisata," katanya. 

Dalam konteks tersebut terangnya perlu penajaman dan penguatan kemampuan dan kompetensi pemandu wisata sebagai salah satu bagian rantai nilai wisata sejarah dan budaya. 

"Salah satu amanah dari rencana induk pembangunan pariwisata nasional yaitu penguatan celah pasar sebagai bagian dari pengembangan produk wisata," ujarnya. 

Wisata budaya katanya menduduki peranan penting mengingat trend wisata budaya berbasis sejarah dan warisan budaya saat ini menjadi semakin menguat di tengah berkembangnya trend destinasi digital. (JAMES DONNY/B-5)

Berita Terbaru