Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Akan Bangun Dua Jembatan Penghubung Antar Kecamatan

  • Oleh Ramadani
  • 21 Oktober 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemkab Barito Utara akan membangun 2 jembatan penghubung antar kecamatan dan antar kabupaten yakni dua buah jembatan. Dua jembatan tersebut yakni Jematan Lemo Seberang dan Jembatan Sikan – Tumpung Laung.

Namun sebelum dilakukan pembangunan, Pemkab Barito Utara melaksanakan ekspose Feasability Study (FS)  kedua jembatan tersebut di aula Bappeda Litbang, Senin 21 Oktober 2019.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Utara, Iwan Rusdani memaparkan, guna membuka keterisolasian, Pemkab  Barito Utara pada 2019 direncanakan akan membangun dua buah jembatan yakni Jembatan Lemo Seberang, Desa Lemo dan Jembatan Sikan- Tumpung Laung.

Untuk pembiayaan pembangunan dua buah jembatan tersebut dianggarkan melalui anggaran pemerintah daerah dengan multiyears sebesar Rp50 miliar.

“Untuk pembangunan jembatan sudah dalam tahap Feasability Study dan sudah memasuki tahap penyelesaian Detail Enginnering Design (DED), serta tidak lama akan dilaksanakan pelelangan umum untuk kegiatan fisiknya,” terang Iwan.

Iwan menjelaskan, jembatan Sikan- Tumpung Laung akan dibangun dengan panjang bentang utama 400 meter, jembatan pendekat 15 meter dan menggunakan rangka baja. “Diperkirakan biaya keseluruhan mencapai 123 miliar,” kata Iwan.

Sedangkan, lanjut dia, jembatan Lemo Seberang menuju desa Lemo telah memasuki tahapan penyelesaian FS  dan juga akan didibangun dengan rangka baja. “Rencana awal, jembatan Lemo Seberang ini mengunakan design jembatan gantung, namun berdasarkan hasil konsultasi dengan komisi keselamatan jembatan, maka direkomendasikan untuk menggunakan design jembatan baja,” jelasnya.

Nantinya, jembatan Lemo Seberang ini system pembiayaannya akan sharing dengan Provinsi Kalimantan Tengah. Yang mana bangunan bawah akan dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara, sedangkan untuk pembangunan atas akan dibiayai oleh pihak Pemerintah Provinsi Kalteng.(RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru