Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kapuas Dorong Dinas Pendidikan Lakukan Pemerataan Tenaga Pendidik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Oktober 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Komisi IV DPRD Kapuas terus mendorong dinas pendidikan, untuk terus melakukan pemerataan tenaga pendidik. Tujuannya, agar pelayanan pendidikan optimal hingga wilayah terpencil.

Ketua Komisi IV DPRD Kapuas, Ahmad Baihaqi menyampaikan seusai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan Kapuas bahwa pihaknya terus mendorong agar terus lakukan pemerataan.

"Tentu kita berharap pemerataan tenaga pendidik terus dilakukan. Tetapi perlu ada peran dari pengawas pendidikan di wilayah masing-masing," kata Baihaqi, Senin, 21 Oktober 2019.

Selain itu, berkaitan dengan informasi adanya kompetensi atau latar belakang pendidikan bagi tenaga pendidik khususnya tenaga kontrak yang harus disesuaikan, dia berharap, hal itu perlu dipertembangkan dan menyesuaikan dengan wilayah.

"Kalau misalnya wilayah terpencil kita nyatakan di sana harus pendidikan sarjana S1, jadi siapa yang mengajar disana. Sedangkan warga setempat sana hanya berizajah SMP, SMA saja. Padahal itu bisa diberdayakan," harapnya.

Kendati demikian, peraturan itu memang sebuah keharusan pengajar ini sesuai dengan perintah dari peraturan pendidikan secara nasional.

"Kami memaklumi untuk daerah pedalaman sangat sulit mendapatkan pengajar dari sarjana. Jadi ada tempat tertentu saja. Jangan sampai isu yang berkembang, kalau tidak S1 tidak boleh mengajar," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru