Warga Desa Bintang Ara Antusias Ikuti Penyuluhan Pertanian dan Perkebunan

  • Oleh Uriutu
  • 21 Oktober 2019 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Puluhan warga Desa Bintang Ara, Kecamatan Gunung Bintang Awai, antusias mengikuti penyuluhan pertanian dan perkebunan di balai desa setempat, Senin, 21 Oktober 2019.

Penyuluhan tersebut diselenggarakan Satgas TMMD regular ke 106 tahun 2019, yang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian atau DKPPP Barito Selatan.

“Kita sudah lama mengharapkan kegiatan seperti ini. Apalagi, penduduk desa ini hampir 95 persen bertani dan berkebun. Kita sangat senang dengan kegiatan penyuluhan ini,” kata Miswati, salah seorang peserta.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan nantinya akan diterapkan. Dengan harpan, pertanian dan perkebunan ke depannya bertambah baik, serta meningkatkan kesejahteraan.

Sementara itu, Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Tuwadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan warga khususnya petani.

Dalam kegiatan tersebut diberikan beberapa metode untuk bercocok tanam yang baik, khususnya tanaman padi. Ada juga materi tentang cara mengatasi hama, dan pengetahuan jenis bibit tanaman yang baik untuk ditanam pada daerah tertentu.

“Ini salah satu kegiatan non fisik yang kita laksanakan dalam TMMD ini. Intinya untuk mewujudkan dan peningkatan kapasitas SDM.  Petani harus menguasai alat pertanian dan teknologi tepat guna,” jelasnya.

Dia pun berharap, dengan bertambahnya ilmu pengetahuan dan keterampilan akan memberikan peningkatkan taraf hidup petani. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru