Pemkab Barito Timur Launching Bantuan Pangan Non Tunai

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Oktober 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur melaksanakan launching penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk keluarga pra sejahtera yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di aula Kecamatan Dusun Timur, Senin, 21 Oktober 2019.

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh dalam sambutannya mengatakan, BPNT merupakan salah satu program pemerintah pusat untuk menanggulangi masalah kemiskinan melalui pemberian bantuan sosial.

"BPNT merupakan kelanjutan program bansos sebelumnya yakni Beras Sejahtera (Rastra) yang berakhir pada Agustus 2019. Pemerintah, berharap bansos yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi keluarga pra sejahtera untuk memenuhi kebutuhan pangannya," kata Said Abdul Saleh.

Sementara itu, Asisten II Setda Barnusa dalam sambutannya mengatakan, BPNT secara teknis berbeda dengan Rastra.

"Kalau rastra, bantuan sosial yang diberikan kepada KPM berupa beras yang dibagikan langsung pemerintah melalui mitra penyalur yakni Bulog. Kalau BPNT, bansosnya disalurkan melalui transaksi elektronik non tunai yang dilakukan di agen-agen yang telah ditentukan," papar Barnusa.

Sementara, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Santai Nyawit, memaparkan, jumlah penerima BPNT di Kabupaten Barito Timur tahun 2019 sebanyak 3.240 KPM.

"Jumlah itu terdiri atas KPM PKH (Program Keluarga Harapan) dan Non PKH yang tersebar di 103 Desa/Kelurahan di 10 Kecamatan," kata Santai

Tiap-tiap KPM mendapat alokasi bansos per bulan senilai Rp 110.000, yang dibelanjakan dalam bentuk beras dan telur. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru