Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SOPD Kotim Diminta Jangan Asal-asalan Ajukan Program

  • Oleh Naco
  • 21 Oktober 2019 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo, meminta seluruh organisasi perangkat daerah atau SOPD Kotim tidak asal-asalan ajukan program. 

Handoyo mengatakan, efek anggaran harus berdampak kepada pelayanan masyarakat. Hingga akhirnya masyarakat merasakan manfaat dan kepuasan.

“SOPD yang disetujui anggarannya itu jangan hanya berpikir bagaimana cara membelanjakannya, tanpa melihat dari kualitas dan efek guna anggaran itu kepada masyarakat," kata Handoyo, Senin, 21 Oktober 2019.

Menurutnya, prinsip anggaran itu yakni, dari masyarakat, digunakan untuk kepentingan serta kemaslahatan masyarakat.

Dia mencontohkan seperti di kecamatan, hendaknya tidak asal mengusulkan hingga kebingungan untuk pelaksanaannya, begitu juga dengan SOPD. 

"Jangan asal-asalan dalam menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA). Hendaknya selaras dengan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kotim," tukasnya.

Jika selaras, pembangunan akan terukur dan tertata secara rapi. Selain itu tidak kalah penting juga dalam pengajuan anggaran harus memerhatikan faktor serapannya.

"Kami dalam menyetujui prinsipnya melihat dari sisi urgensi. Lalau memang bisa ditunda anggarannya, kami tunda dan diarahkan ke sektor lain,“ tegasnya.

Dia menambahkan, dari pihaknya akan cermat dalam pembahasan dan tidak lagi asal mengetok pengesahan. (NACO/B-11)

Berita Terbaru