Sungai Seruyan Dipenuhi Tumbuhan Air

  • Oleh Magang 2
  • 22 Oktober 2019 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sungai Seruyan saat ini dipenuhi tumbuhan air. Banyaknya tumbuhan mengapung di sungai dinilai menggangu warga yang menggunakan alat transportasi air, maupun aktivitas sehari- hari lainnya.

Menurut warga, biasanya tumbuhan air memenuhi sebagian besar alur sungai di wilayah Kuala Pembuag dan sekitarnya,  sebagai penanda  hujan dengan intensitas tinggi sudah terjadi di wilayah aliran sungai Seruyan bagian hulu.

“Tumbuhan air mengapung memenuhi sebagian besar alur sungai ini, memang berasal dari  bagian hulu sungai, ini menandakan air sudah mulai dala, karna hujan sudah sering terjadi, “ kata Fazri  salah satu warga yang tinggal di bantaran sungai Seruyan, di Kuala Pembuang, Selasa 22 Oktober 2019.

Banyaknya tumbuhan air ini, mengganggu terutama ketika menggunakan kelotok (perahu kecil), sering kali, roda kelotok miliknya, mengalami gangguan akibat terlilit tumbuhan air yang mengapung di atas permukaan sungai. Alhasil, saat berangkat melaut, beberapa kali dia harus berhenti untuk membersihkan tumbuhan air agar tidak mengganggu roda kelotok.

Bahkan menurut  Fazri, yang sehari hari bekerja sebagai nelayan, tumbuhan air ini bukan hanya mengotori sungai, tetapi terbawa arus hingga ke laut, sehingga cukup menyulitkan mereka yang sedang menangkap ikan di perairan laut Kuala Pembuang, sebab  banyaknya tumbuhan air ini, sering kali nyangkut di jaring milik mereka.

Meski sangat mengganggu, namun, mereka tidak bisa berbuat banyak. kondisi seperti ini, jelasnya, akan hilang dengan sendirinya terbawa arus air  dari sungai menuju  laut lepas. (MAGANG 2/B-5)

Berita Terbaru