Pemkab Gunung Mas Gelar Pertemuan Tatalaksana Penyakit Menular, Ini Tujuannya

  • Oleh Hendra
  • 22 Oktober 2019 - 08:20 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Pemkab Gunung Mas melalui Dinas Kesahatan mengadakan pertemuan tatalaksana penyakit menular bagi pengelola program tingkat kabupaten.

Acara berlangung di Hotel Zefanya pada Senin, 21 Oktober 2019. Sekretaris Dinkes Gunung Mas Evelnie mewakili Kepala Dinkes Maria Efianti mengatakan, ada empat penyakit menular yakni Ispa, diare, HIV/AIDS dan malaria.

"Ke empat panyakit tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan,  sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan,  pengendalian dan pemberantasan yang efektif dan efisien," kata Evelnie. 

Dia menuturkan, penyakit menular tidak mengenal batas daerah, sehingga pemberantasan penyakit menular tersebut memerlukan kerjasama antar lintas daerah, misalnya antara provinsi,  kabupaten/kota. 

Adapun dasar pelaksanaan kegitan tersebut yakni sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) no 82 tahun 2014 tentang penanggulangan penyakit menular,  bahwa penyakit ISPA,  diare dan HIV masuk dalam jenis penyakit menular lansung sedangkan malaria sebagai penyakit tular vektor (nyamuk). 

"Sedangkan tujuan dari kegiatan yakni untuk meningkatkan pengetahuan pengelola program yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas, sehingga pengacatan dan pelaporan di puskesmas dapat efektif dan efisien." tandasnya. (HENDRA/B-5)

Berita Terbaru