Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pagar Nusa Kobar Tampilkan Atraksi Bambu Gila Pada Peringatan Hari Santri Nasional

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Oktober 2019 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perguruan pencak silat Pagar Nusa Kobar menampilkan atraksi bambu gila, memeriahkan upacara hari santri nasional (HSN), di halaman Kantor Bupati Kotawaringin Barat, Selasa, 22 Oktober 2019.

Pagar Nusa merupakan salah satu organisasi badan otonom Nahdlatul Ulama (NU).

Atraksi bambu gila yang diperagakan oleh pemuda NU ini memukau para penonton, bambu yang dipegang oleh 12 orang ini seolah mengamuk dan pontang - panting kesana kemari.

Di informasikan, Bambu Gila adalah permainan rakyat, permainan ini melibatkan kekuatan supranatural untuk menjalankannya, walaupun tidak diperlukan ritual tertentu. Sebatang bambu dipegang oleh beberapa orang, diberikan mantra oleh para pendekar PN, maka bambu seolah benar - benar gila.

Penonton yang merasa penasaran diperkenankan untuk mencobannya, dan ternyata sama mereka pun merasakan gilanya atraksi permainan rakyat Indonesia tersebut.

Selain itu ada juga penampilan juris tongkat atau toya dari para pendekar PN, dan dilanjutkan tari Sufi, dari Sungai Rangkt Pandkalan Lada.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menjadi inspektur upacara HSN yang berlangsung di halama Kantor Bupati Kobar, dan dihadiri oleh unsur Forkopimda Kobar dan pimpinan SOPD Kobar. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru