Habitatnya Terganggu, Warga Selamatkan Sepasang Kukang Masuk Permukiman 

  • Oleh Magang 2
  • 22 Oktober 2019 - 10:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Warga menyelamatkan sepasang Kukang yang masuk permukiman warga di Desa Telaga Pulang, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan.

Masuknya satwa dilindungi ke permukiman ini, diduga lantaran habitat aslinya terganggu, akibat banyak hutan dan lahan  pada musim kemarau lalu terbakar.

Camat Danau Sembuluh, Robbi Kurniawan mengatakan, masuknya Kukang ke permukiman warga, langsung ditangani tim terpadu penanggulangan Karhutla kecamatan setempat, dengan berhasil menyelamatkan  satwa  ini. Sementara waktu kukang diamankan untuk masa pemulihan.

“Saat ini, sepasang Kukang masih diamankan di Posko. Mengingat kondisinya dalam keadaan stres, diupayakan dipelihara  terlebih dahulu untuk proses pembesaran, kaerna dilihat dari keadaan saat ini, sangat rentan apabila dilepas iarkan, “ kata Robbi Kurniawan, Selasa, 22 Oktober 2019.

Warga menyelamatkan sepasang Kukang yang masuk permukiman warga di Desa Telaga Pulang.
Warga menyelamatkan sepasang Kukang yang masuk permukiman warga di Desa Telaga Pulang.

Ia menilai, masuknya Kukang ke permukiman penduduk, diduga karena daya dukung habitat aslinya sudah sangat berkurang, akibat penyempitan kawasan hutan, serta meluasnya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi beberapa waktu lalu.

Pihaknya juga akan melakukan kordinasi dengan lembaga terkait yang menangani satwa ini. Sehingga  bisa ditangani dan dipelihara dengan baik, hingga nantinya bisa dilakukan pelepasliaran.

“Perkembangan kondisi satwa ini dari hari ke hari terus kita pantau, mudah - mudahan terus menunjukan kemajuan sehingga setelah kondisinya pulih dan sedikit besar  bisa kita lepasliarkan kembali, “ terang Robbi. (MAGANG 2/B-5)

Berita Terbaru